Apa Itu Asam Urat? Bagaimana Cara Pencegahannya?

Asam Urat dan Gejala Umumnya

Apa itu penyakit asam urat? Asam urat adalah peradangan yang terjadi pada sendi. Penyakit ini mungkin lebih familiar sebagai sakit encok. Asam urat menyebabkan rasa sakit luar biasa yang disebabkan karena tingginya kadar purin dalam tubuh. Purin sendiri merupakan protein yang diproduksi tubuh dan banyak pula terkandung dalam produk makanan baik dari tumbuhan ataupun hewan.

Tingginya kadar purin dalam tubuh akan mengalir dalam darah dan selanjutnya diubah menjadi asam urat berbentuk kristal. Kristal asam urat ini bisa menumpuk di persendian dan jaringan lunak yang lain. Bila penumpukan asam urat berlebih akan menyebabkan rasa linu dan nyeri luar biasa. Pada tahap inilah dikatakan terjadi asam urat.

Penderita asam urat yang satu dengan lainnya bisa jadi merasakan gejala berbeda. Namun, ada gejala umum yang dapat dikenali agar bisa segera melakukan pengobatan. Beberapa diantaranya seperti:

  • sendi yang membengkak,
  • nyeri mendadak pada sendi,
  • bagian sendi yang nyeri dan bengkak terasa panas saat disentuh,
  • muncul warna kemerahan pada kulit area sendi,
  • gerakan menjadi terbatas, dan
  • terjadi pembengkakan parah warna merah di kulit.

Gejala asam urat di atas umumnya muncul dan menyerang satu bagian sendi saja. Seperti sendi kaki di sekitar lutut atau pergelangan kaki. Rasa nyeri yang luar biasa bisa menandakan adanya peradangan yang sudah memburuk.

Pencegahan Asam Urat

Mengetahui betapa sakitnya gejala asam urat, tentu tidak ada satu orang pun mau menderita sakit ini. Sementara penyakit ini nyatanya bisa menyerang siapa saja. Akan tetapi, resiko paling besar dimiliki oleh mereka yang udah berusia di atas 40 tahun. Pria pun lebih berisiko dibanding wanita. Apalagi bila diiringi dengan kebiasaan makanan berlemak, tinggi purin, dan memiliki berat badan berlebih. Karenanya dianjurkan untuk melakukan upaya pencegahan seperti:

  • Membatasi Makanan Tinggi Purin

Mengonsumsi makanan dengan kandungan purin sebenarnya tidak dilarang. Asal masih dalam batasan cukup. Bila Anda memiliki riwayat sakit asam urat, maka sebaiknya memotong porsi makanan tinggi purin secara drastis dan memilih menu sehat lainnya agar tidak kambuh.

  • Rutin Olahraga

Olahraga rutin juga diperlukan untuk menekan risiko asam urat. Pertama karena berat badan tubuh Anda akan terkontrol dan kesehatan tubuh lebih terjaga. Jenis olahraga yang dipilih bisa disesuaikan hobi. Dimana jadwal olahraga tidak perlu berdurasi lama yang penting rutin dan membuat Anda disiplin.

Tags: