Waspada Penyakit Melanoma, Ini Pencegahannya!

Mengenal Melanoma

Melanoma adalah penyakit kanker kulit yang menyerang sel pigmen kulit yang berfungsi menghasilkan melanin. Melanin sendiri dikenal sebagai pigmen kulit yang berperan penting melindungi kulit dari risiko kerusakan. Kanker kulit ini cukup jarang ditemui, meski demikian penyakit ini cukup berbahaya. Pasalnya melanoma dapat menyerang kulit lalu menyebar menyerang organ tubuh yang lain.

Penderita melanoma bisa dikenali dengan munculnya tahi lalat baru di tubuh. Dimana bagian tubuh yang paling sering menunjukkan gejala melanoma adalah wajah, tangan, punggung, dan kaki. Adapun adanya perubahan pada tahi lalat yang sudah ada juga dapat diketahui sebagai gejala umum melanoma. Tahi lalat memiliki lebih dari satu warna, terasa gatal, mengalami pendarahan, dan ukurannya cenderung lebih besar dibanding ukuran normal.

Penyebab kanker kulit melanoma diketahui karena adanya sel pigmen kulit yang berkembang secara abnormal. Untuk penyebab pastinya belum diketahui benar. Namun, sejumlah ahli medis meyakini frekuensi paparan sinar UV yang terlalu intens dapat memicu melanoma. Selebihnya penelitian terus dilakukan guna mengetahui penyebab melanoma secara spesifik.

Pencegahan Melanoma

  • Menghindari Paparan Sinar Matahari

Sebaiknya Anda menghindari paparan sinar matahari langsung, terutama saat matahari di puncak terpanas. Yakni sekitar pukul 10.00-14.00. Bila Anda perlu melakukan aktivitas di luar ruangan usahakan untuk melindungi diri dengan pakaian panjang, topi, payung, atau menggunakan tabir surya. Usahakan pula untuk tetap berada di tempat yang teduh.

  • Menggunakan Tabir Surya

Untuk Anda yang aktif bekerja di luar ruangan, jangan lupa menggunakan tabir surya. Produk tabir surya yang direkomendasikan memiliki kadar SPF minimal 15. Penggunaan tabir surya diperlukan untuk menghindari paparan sinar UVA dan UVB. Penggunaan tabir surya ini juga penting untuk anak-anak. Pasalnya melanoma tidak memandang usia, bisa menyerang anak-anak, remaja, ataupun dewasa.

  • Menghindari Sinar UV Buatan

Selain menghindari paparan sinar UV langsung, sebaiknya Anda juga jauh-jauh dari sinar UV buatan. Pasalnya sinar UV buatan lebih berisiko. Hal ini karena sinar UV buatan bersumber dari radiasi sinar UV yang sudah terkonsentrasi sehingga dapat memicu melanoma.

Tags: